Waspadai Penipuan Kiriman Barang Mewah dengan Ciri-Ciri Berikut Ini!

Seiring dengan maraknya sosial media, membuat jangkauan pertemanan menjadi lebih luas. Meskipun demikian, Anda harus lebih waspada. Karena dengan begitu, bisa saja hal ini dijadikan sebagai modus penipuan. Seperti penipuan kiriman barang mewah yang terjadi baru-baru ini. 

Biasanya, korban diajak berkenalan di sosial media, kemudian dijanjikan untuk diberikan barang-barang mewah. Tak tanggung-tanggung, penipu kemudian mengirimkan resi palsu, untuk memuluskan niatnya tersebut. Lalu apa yang terjadi selanjutnya? Anda bisa menebaknya sendiri!

Penipuan kiriman barang mewah

Foto oleh Mikhail Nilov dari Pexels

Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Barang Mewah yang Perlu Anda Waspadai!

Sebenarnya ciri-ciri penipuan untuk kiriman barang mewah ini mudah dikenali. Biasanya, penipu akan mengirimkan resi palsu, serta meminta korban untuk membayar sejumlah uang, dengan dalih pajak ataupun biaya lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai ciri-ciri penipuan dengan modus kiriman barang mewah ini, bisa Anda simak dalam penjelasan di bawah ini. Diantaranya :

1.Berbentuk Barang Mewah

Siapa yang tidak ingin mendapatkan kiriman barang-barang mewah? Begitu juga dengan Anda, bukan? Namun Anda perlu mewaspadai jika orang yang mengirimkan barang-barang mewah tersebut adalah orang-orang yang belum lama Anda kenal. Karena bisa jadi, hal itu adalah salah satu bentuk penipuan. 

Barang mewah bisa menjadi alasan utama mengapa banyak korban yang terjerat dengan penipuan ini. Karena siapa yang tidak akan tergoda dengan barang-barang mewah dengan harga yang miring? Apalagi jika barang yang dijanjikan tersebut adalah gratis? 

Biasanya, si penipu akan melancarkan aksinya dengan berpura-pura berada di luar negeri. Hal ini untuk memuluskan niatnya dalam meyakinkan korban, bahwa barang mewah yang diberikan, merupakan barang asli yang dia beli di negara tersebut.

2. Resi Pengiriman Terlihat Aneh (Resi Palsu)

Anda patut waspada, bilamana ada yang mengirimkan resi yang terlihat aneh. Seperti resi yang terlihat seperti foto copy, warna tinta luntur, ataupun ada nomor resi yang terlihat tebal, namun seperti menimpa nomor lain di bawahnya. 

Karena bisa jadi, resi yang dikirimkan tersebut merupakan resi palsu. Anda harus mengecek nomor resi tersebut di perusahaan Cargo/jasa pengiriman yang tertera di resi untuk mengkonfirmasi pengiriman barang tersebut. Jika memang resi tersebut benar adanya, maka dalam keterangannya akan ada rincian barang yang dikirimkan. Termasuk rincian dari barang mewah tersebut. Jika memang tidak tercantum pada jasa pengiriman tersebut, maka sudah bisa dipastikan bahwa resi tersebut palsu atau fiktif.

3. Meminta Transfer Sejumlah Uang

Biasanya, si penipu akan meminta Anda untuk mentransfer sejumlah uang dengan alasan sebagai pajak ataupun bea masuk. Sebagai orang awam, mungkin saja Anda akan percaya tentang hal itu, bahwa semua barang mewah yang dikirim dari luar negeri, pastinya akan dikenakan pajak dan bea masuk. 

Namun sebelum Anda percaya dengan perkataan teman baru Anda tersebut dan mulai mentransfer sejumlah uang yang diminta, ada baiknya Anda berpikir jernih dan logis terlebih dahulu. Karena bagaimana mungkin Anda bisa percaya dengan orang yang baru Anda kenal? Apalagi jika orang tersebut belum pernah Anda temui? 

Tips Terhindar dari Penipuan Berkedok Pengiriman Barang-Barang Mewah

bisa dibilang, aksi penipuan semacam itu memang tidak mudah untuk dihilangkan. Dimana saat penipuan yang satu diusut, maka akan muncul jenis penipuan yang lainnya. Hal utama yang harus Anda lakukan untuk memitigasi penipuan tersebut dengan melakukan edukasi mulai dari lingkungan terkecil (keluarga, teman, dan rekan kerja) sampai dengan masyarakat luas dengan memberikan beberapa tips berikut ini:

1.Berpikir Logis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa sebelum Anda percaya pada janji-janji manis si penipu tersebut, maka sebaiknya Anda berpikir logis terlebih dahulu. Anda bisa memulai untuk berpikir, bahwa bagaimana mungkin barang mewah bisa dijual dengan sangat murah, atau bahkan secara gratis. 

Belum lagi, dengan orang tersebut, yang jelas-jelas baru Anda kenal. Mana mungkin Anda bisa mempercayakan sejumlah uang Anda pada orang-orang yang mungkin belum Anda temui sekalipun, yang Anda kenal melalui sosial media? Dari sana, Anda sudah bisa menarik kesimpulan sendiri, mengenai modus baru dari aksi penipuan semacam itu.

2. Mencari Kebenaran Tentang Resi yang Diberikan

Sebelum Anda mempercayai tentang kebenaran dari resi yang Anda terima, Anda harus mengecek nomor resi tersebut ke kantor jasa pengiriman/Cargo yang tertera di resi tersebut. Hal ini sebagai upaya untuk mengecek kebenaran dan menghindarkan Anda agar tidak terkena modus penipuan tersebut.

3. Melaporkan Penipuan ke Pihak Kepolisian

Jika Anda telah melakukan pengecekan resi ke kantor jasa pengiriman/Cargo, dan diperoleh informasi mengenai adanya pemalsuan terhadap resi tersebut, maka langkah yang paling tepat untuk Anda lakukan yaitu dengan melaporkannya kepada pihak kepolisian. 

Dengan sejumlah bukti yang Anda miliki, seperti resi, nomor telepon, isi pesan teks mengenai penawaran barang mewah, dan yang lainnya bisa Anda berikan kepada pihak kepolisian. Hal ini dilakukan, agar  pihak kepolisian bisa mengusut tuntas aksi penipuan ini dengan segera.

Penipuan kiriman barang mewah semacam ini memang marak terjadi. Terutama yang menyasar pada masyarakat awam yang tidak begitu paham mengenai aturan pengiriman barang. Maka dari itu, mulai sekarang, ada baiknya Anda menambah pengetahuan Anda mengenai pengiriman logistik dari jasa pengiriman yang berpengalaman dan terpercaya. 

Seperti salah satunya Prima Cargo yang menjadi jasa pengiriman/logistik terbaik hingga saat ini. Bukan hanya itu saja, Prima Cargo juga akan membantu Anda, bilamana Anda menemukan berbagai aksi penipuan yang mengatasnamakan jasa pengiriman ini. Prima Cargo akan membantu Anda dalam melakukan pengecekan resi yang Anda terima. Apakah memang resi tersebut asli atau palsu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + five =