Inilah Prosedur Ekspor Komoditas Lobak Dan Ubi Terbaik di Pasaran Internasional

Ekspor komoditas lobak dan ubi bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang sangat tepat untuk memasarkan komoditas hasil pertanian dari Indonesia. Sebagai salah satu produk pertanian, ubi dan juga lobak bisa menjadi produk unggulan yang bisa diekspor ke sejumlah Negara seperti Jepang yang memiliki permintaan akan ubi relatif cukup besar.

Sebenarnya untuk bisa melakukan proses ekspor produk-produk komoditas pertanian tidaklah sesulit yang dibayangkan. Memang pada dasarnya dibutuhkan proses dan usaha yang lebih besar mengingat proses penjualan yang sudah bukan lagi berskala domestik namun sudah ke tataran internasional.

Prosedur Ekspor Komoditas Lobak Dan Ubi Yang Perlu Anda Ketahui

Bila Anda tertarik untuk melakukan penjualan secara ekspor terhadap sejumlah produk-produk hasil pertanian seperti lobak, ubi, dan lain sebagainya tentu haus mengetahui strategi dan juga prosedur yang dibutuhkan untuk melakukan ekspor. Sebagai informasi, berikut adalah langkah awal dan juga prosedur umum yang diperlukan untuk melakukan ekspor produk pertanian.

1. Mengetahui Target Dan Kondisi Pasar Internasional Tujuan Anda

Sebelum memutuskan untuk melakukan penjualan produk-produk hasil pertanian, tentu Anda juga perlu melakukan riset dan penggalian informasi mengenai target dan juga kondisi pasar internasional tujuan Anda.

Riset kondisi pasar ini sangat penting untuk mengetahui apakah produk yang akan jual tersebut merupakan produk yang dilarang untuk diekspor ataukah tidak. Namun secara umum untuk ekspor komoditas lobak dan ubi merupakan tindakan yang diperbolehkan asalkan memenuhi standar dan kelengkapan dokumen penyertanya.

Selain bertujuan untuk mengetahui mengenai adanya larangan ataukah tidak terhadap produk yang akan diekspor, riset pasar juga menjadi langkah yang sangat penting untuk memetakan kondisi pasaran Anda mengingat produk-produk tersebut akan bersaing dengan produk lokal di Negara tujuan maupun juga produk dari Negara lain yang juga masuk ke Negara target Anda.

Pemetaan pasar yang baik akan semakin meningkatkan peluang Anda untuk bisa menembus pasaran internasional di Negara tujuan. Dengan demikian, Anda juga bisa mengetahui mengenai risiko, potensi keuntungan, dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan aktivitas perdagangan yang Anda lakukan.

2. Persiapkan Produk Dengan Baik Sebelum Ekspor komoditas Lobak Dan Ubi

Tips penting selanjutnya yang bisa digunakan untuk melakukan perdagangan secara internasional adalah dengan mempersiapkan produk yang akan Anda jual sebaik mungkin. Mengingat bahwa perdagangan ekspor bukanlah perkara yang sederhana, maka Anda perlu mempersiapkan produk yang akan dijual dengan sebaik mungkin.

Proses ekspor produk adalah proses perdagangan yang melibatkan antar Negara. Hal itu berarti bahwa jarak dan juga waktu tempuh untuk sampai ke Negara tujuan pun harus diperhitungkan dengan cermat. Agar produk yang Anda jual tersebut tidak mengalami kerusakan akibat perjalanan yang terlalu lama, Anda perlu mengemas komoditas tersebut secara optimal.

Sebagai contoh, jika Anda ingin melakukan ekspor komoditas lobak dan ubi maka salah satu cara yang cukup ampuh untuk membuat produk tersebut menjadi lebih awet dan tahan lama adalah dengan cara membekukannya terlebih dahulu. Anda bisa saja mengirimkan produk ubi dan lobak beku ke Negara tujuan.

Dengan proses pembekuan yang tepat dan juga optimal, produk-produk tersebut akan menjadi lebih awet, tidak mudah rusak ataupun busuk sehingga bisa mengurangi potensi kerugian akibat produk yang rusak. Dengan pengemasan yang baik, maka ketahanan produk pun akan menjadi semakin baik.

3. Persiapkan Kelengkapan Dokumen Ekspor

Setelah Anda bisa melakukan pengemasan secara tepat dan juga maksimal pada produk-produk yang akan diekspor, maka tahapan penting yang selanjutnya adalah dengan melengkapi dokumen dan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan proses ekspor ke Negara tujuan. Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain adalah :

  • Data Eksportir.
  • Data Penerima Barang/Produk.
  • Data Costums Broker (jika ada).
  • Sarana Pengangkut untuk ekspor.
  • Negara Tujuan Ekspor.
  • Detail keterangan barang seperti : jumlah dan jenis barang yang akan dijual, dokumen yang menyertai, Nomor Pemberitahuan Ekspor Barang diberitahukan ke Bea Cukai Setempat.
  • Dokumen Nota Persetuan Ekspor yang didapatkan setelah proses eksportasi disetujui oleh Bea Cukai. Kemudian mengansuransikan barang/kargo jika menggunakan CIF.

4. Melakukan Pengiriman Barang Ekspor

Setelah semua dokumen tersebut dilengkapi dan proses Eksportasi disetujuai oleh Bea Cukai, maka Anda bisa melakukan pengiriman atau pengapalan barang ekspor tersebut dengan menggunakan berbagai moda transportasi yang tersedia.

Anda bisa memilih menggunakan moda transportasi udara (Air Cargo), pengapalan lewat laut (Sea Cargo), ataupun juga transportasi darat jika masih memungkinkan. Hal ini bisa disesuaikan dengan preferensi, jarak tempuh, dan juga Negara tujuan ekspor yang Anda sasar.

Bila Anda juga sedang berancang-ancang untuk melakukan ekspansi bisnis dengan membuka peluang untuk melakukan ekspor komoditas lobak dan ubi ke luar negeri dan masih bingung dalam mencari armada kargo yang tepat untuk pengapalan, maka Prima Logistic adalah solusi tepat untuk kegalauan Anda.

Prima Logistic adalah sebuah perusahaan kargo berskala internasional yang sudah melayani berbagai macam kegiatan ekspor-impor melalui berbagai jalus seperti Udara, Laut, dan juga Darat.

Tidak perlu berpikir dua kali, langsung saja hubungi PT Prima Internasional Cargo di situsnya prima-logistic.com untuk mendapatkan berbagai informasi seputar proses ekspor dan juga penawaran menarik lainnya. Bersama Prima Logistic, proses ekspor produk pun menjadi semakin mudah.

Demikianlah beberapa tahapan penting yang perlu diperhatikan jika Anda ingin melakukan ekspor komoditas lobak dan ubi ke Negara lain. Kini berbekal dengan ulasan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi terkait prosedur yang dibutuhkan untuk melakukan ekspor produk-produk pertanian ke manca Negara.

Prima International Cargo Medan Branch

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =