Cara Ekspor Impor Barang dengan Aman

Ekspor dan impor adalah suatu kegiatan pengiriman barang ke dalam dan ke luar negeri. Banyak bidang industri yang sudah melakukan ekspor dan impor barang. Hal ini menyebabkan banyaknya para penerima jasa logistik demi keamanan dan kenyamanan Anda dalam mengirim barang. Meski begitu, Anda sebagai seorang yang akan melakukan pengiriman barang ekspor dan impor harus tahu bagaimana cara ekspor impor barang dengan aman. Anda akan mengetahuinya, setelah membaca artikel ini hingga akhir.

Cara Ekspor Impor Barang dengan Aman

Anda akan melakukan ekspor dan impor barang? Begini tips cara ekspor dan impor barang dengan aman dan nyaman.

  • Siapkan dokumen 

Yang pertama cara ekspor impor barang dengan aman yakni dengan menyiapkan dokumen untuk kebutuhan dan pengiriman barang dari Negara satu ke yang lain. Dokumen ini dinamakan dengan Commercial Invoice. 

Dalam dokumen Commercial Invoice berisi tulisan tentang suatu produk beserta harga yang dibayarkan, tak hanya itu dalam dokumen ini berisi tulisan pengiriman.

Jika Importir menggunakan Commercial Invoice untuk dikirimkan, sedangkan untuk Eksportir digunakan sebagai tanda penjualan yang dilampirkan dalam buku laporan. 

  • Memilih metode pengiriman barang

Kedua, cara untuk ekspor impor barang dengan aman yakni dengan mengetahui metode pengiriman. Eksportir dan importir seharusnya mengetahui betul metode pengiriman barang, agar Anda bisa memilihnya sesuai dengan barang yang dikirim. 

Ada tiga metode dalam melakukan pengiriman barang impor dan ekspor diantaranya melalui jalur darat, jalur udara, dan jalur laut. Tentu saja lama pengirimannya disesuaikan dengan metode yang Anda gunakan.

Untuk itu, Anda harus memilih metode pengiriman yang sesuai dengan waktu yang Anda tentukan. Apalagi sekarang semakin marak banyak penawaran jasa logistic dan ekspedisi.

  • Siapkan dokumen pengangkutan barang

Lalu setelah Anda mengetahui metode pengiriman yang Anda gunakan, Anda pun harus menyiapkan dokumen atau surat pengangkutan barang. dokumen ini bernama B/L atau Bill of Lading. Dokumen B/L dikeluarkan oleh pihak ekspedisi kepada eksportir setelah menyelesaikan pengangkutan barang ke dalam kapal. 

Dokumen B/L sendiri berisi surat transaksi pihak eksportir dan importir beserta barang produksinya  Bil; of Lading dikeluarkan saat Anda memilih metode pengiriman barang melalui jalur laut/kapal laut.

Sedangkan jika Anda memilih metode jalur udara, pihak ekspedisi akan mengeluarkan dokumen Airwaybill saat menyelesaikan pengangkutan barang ke pesawat udara.

  • Dokumen identitas barang

Selanjutnya cara ekspor impor dengan aman, Anda harus mengeluarkan dokumen identitas barang,  tepatnya identitas yang menuliskan asal barang tersebut beserta negara yang dituju dalam pengiriman produk tersebut. Tak hanya itu, dokumen ini berisi kesepakatan ketentuan antara eksportir dan importir. Dokumen ini disebut dengan Certificate of Origin Certificate.

  • Memiliki izin ekspor impor

Terakhir agar semakin aman  dalam pengiriman barang Anda harus memiliki izin ekspor dan impor. Memang jika Anda hanya membeli satu produk tidak perlu memiliki izin, akan tetapi jika dalam kapasitas besar Anda harus memiliki izin tersebut. Memiliki izin ekspor impor akan membuat keamanan barang Anda semakin terjamin. 

Diatas merupakan cara ekspor impor dengan aman. Ekspor impor barang tentu bisa dilakukan oleh setiap orang, apalagi sekarang semakin marak menawarkan jasa logistik yang akan membantu Anda dalam melakukan pengiriman barang secara ekspor impor.

Anda bisa menggunakan jasa Prima Logistics! Tidak di ragukan lagi soal kredibilitasnya, dijamin terpercaya. Anda bisa langsung menuju situs resminya, di https://www.prima-logistic.com/ .

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =