Begini Cara Menjadi Eksportir Pakaian Jadi yang Harus Kita Ketahui!

Dengan berbagai kemudahan di zaman sekarang, membuat kita memiliki banyak peluang untuk membuka usaha sendiri, salah satunya menjadi eksportir pakaian jadi atau yang sering disebut dengan garment.  Nah, jika ingin membuka usaha ini, kita harus tahu cara menjadi eksportir pakaian jadi.

Bisnis ekspor di bidang pakaian jadi kini menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dijalankan, dikarenakan pakaian merupakan kebutuhan pokok setiap umat manusia serta dapat menggambarkan karakter setiap orang. Hal tersebut membuat keuntungan yang didapat dari bisnis ini cukup menjanjikan. Mungkinkah Anda penasaran dengan bagaimana cara menjadi eksportir pakaian jadi? Jika iya, simak dahulu artikel kali ini, ya!

Apa Itu Eksportir?

Sebetulnya tahukah Anda mengenai definisi eksportir? Meski kita tahu bagaimana usaha yang dijalankan, mungkin kita masih bingung jika disuruh untuk menjawab apa itu eksportir? Nah, sebelum memulai bisnis ekspor ini kita harus tahu definisi sebenarnya, ya.

Eksportir merupakan sebutan orang yang melakukan kegiatan ekspor. Ekspor adalah suatu kegiatan dimana orang melakukan pengiriman barang dari satu negara ke negara lainnya dengan tujuan melakukan kegiatan jual-beli.

Singkatnya, eksportir ini adalah orang yang melakukan jual-beli ke negara lain dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bisnis. Ada banyak komoditas yang menjadi pilihan bisnis bagi eksportir yang ada di Indonesia, salah satunya pada industri garmen atau pakaian jadi dan tekstil.

Nah, sekarang Anda sudah pahamkan dengan definisi eksportir? Lalu, sekarang bagaimana cara menjadi eksportir pakaian jadi?

Begini Cara Jitu Menjadi Eksportir Pakaian Jadi

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat ingin membuka usaha bisnis menjadi eksportir pakaian jadi, yaitu:

1.    Siapkan Modal

Modal adalah hal utama yang harus dipersiapkan. Tanpa modal kita tidak akan bisa menjalankan usaha bisnis satu ini. Terlebih usaha ini memang mengeluarkan banyak modal, seperti dalam mengurusi persyaratan hingga modal angkut barang dengan transportasi.

Oleh karena itu, jangan lupa buatkan daftar kebutuhan secara rinci untuk mendapatkan jumlah modal yang harus disiapkan.

2.    Memenuhi Syarat Menjadi Eksportir

Menjadi eksportir memang tidak bisa sembarangan. Kita harus memenuhi persyaratan, diantaranya harus memiliki SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), SKAB (Surat Keterangan Asal Barang), hingga dokumen lainnya sesuai perundang-undangan yang berlaku.

3.    Penuhi Syarat Ekspor Pakaian Jadi

Selanjutnya dalam mengekspor pakaian jadi kita harus lolos kriteria atau syarat untuk melakukan kegiatan ekspor komoditas ini terlebih dahulu. Kriteria dimaksud harus sesuai dengan persyaratan internasional atau negara yang dituju. Oleh karena itu, kita harus menyesuaikan karakteristik pakaian jadi yang dikirim dengan penduduk atau syarat dari negara tersebut.

4.    Dapatkan Peluang serta Pembeli Luar Negeri

Agar usaha bisnis ekspor pakaian jadi kita semakin berkembang dan sukses, sebaiknya kita mencari informasi lebih banyak mengenai peluang usaha bisnis dan selanjutnya melakukan promosi untuk mendapatkan pembeli dari luar negeri.

5.    Mencari Jasa Perusahaan Ekspor

Terakhir, setelah melakukan cara-cara di atas, kita harus mencari perusahaan yang memberikan jasa pengiriman barang dengan kredibilitas dan layanan yang baik untuk memudahkan dalam melakukan pengiriman dan agar barang aman samapai di tujuan. Tidak mungkin kan pengiriman barang dilakukan dengan sendiri? Oleh karena itu, kita membutuhkan bantuan untuk melakukan pengirimannya.

Dalam memilih jasa pengiriman barang ekspor, kita harus mencari perusahaan yang tepat dan terpercaya. Tentunya perusahaan yang menawarkan fasilitas yang menunjang kebutuhan bisnis kita. Jika masih bingung, kami rekomendasikan untuk menggunakan jasa Prima International Cargo.

Prima International Cargo atau dikenal dengan nama Prima Logistics merupakan jasa logistik terbaik untuk pilihan tepat dalam membantu usaha bisnis ekspor Anda. Jika tertarik langsung kunjungi situs resminya dan hubungi langsung kontak resminya, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − two =